Iklan

Iklan Taman Eman dan Citra Regenci


 

Gandeng Media, Bersama Bawaslu Tomohon Kawal Pemilu 2024 dan Awasi Netralitas ASN

CitaKawanua.com
Tuesday 26 September 2023, 22:15 WIB Last Updated 2023-09-27T08:17:22Z

 

Ketua Bawaslu Tomohon Stenly Jerry Kowaas saat memaparkan Netralitas ASN pada Pemilu 2024



CITAKAWANUA.COM- Badan Pengawas Pemilihan Umum (Bawaslu) melakukan Sosialisasi Pengawasan Pemilu Partisipatif dan Peran Serta Media dalam Pengawasan Penyelenggaraan Pemilu di Kota Tomohon tahun 2024, bertempat di Grand Master Resort Tomohon, Selasa 26 September 2023.

Sosialisasi Pengawasan Pemilu Partisipatif ini, dibuka langsung oleh Ketua Bawaslu Tomohon Stenly Jerry Kowaas didampingi oleh Koordinator Kesekretariatan (Korsek) Bawaslu Kota Tomohon Vernon Mamuaya.

Saat membuka sosialisasi, Kowaas mengatakan, salah satu pengawasan yang akang digenjot oleh Bawaslu yakni terkait Netralitas Aparatur Sipil Negara (ASN) dalam pemilu tahun 2024.

"Sesuai dengan Undang-Undang Nomor 5 Tahun 2014 tentang ASN dan Peraturan Pemerintah Nomor 42 Tahun 2004 tentang Pembinaan Jiwa Korps dan Kode Etik, ASN wajib menjaga netralitasnya. Yang artinya jauh dari kepentingan kelompok tertentu, termasuk didalamnya adalah partai politik." terang

Selain itu juga, menurut Kowaas, sebagaimana juga dalam UU nomor 10 tahun 2016 maupun UU nomor 7 tahun 2017, salah satu fokus pengawasan Bawaslu adalah memastikan netralitas ASN, sekalipun belum masuk pada masa kampanye atau penetapan calon.

"Kami sangat menghimbau kepada ASN, baik TNI maupun Polri untuk menjaga Netralitasnya, saat ini Bawaslu memfokuskan dan lebih memperketat pengawasan kepada para ASN” terangnya, sembari mengajak para awak media untuk bersama mengawasi para ASN.

Ditambahkannya, terkait dengan Netralitas ASN, Bawaslu Tomohon telah menerima Surat Keputusan Bersama (SKB) yang ditandatangani lima pimpinan kementerian/lembaga, yakni Kemendagri, Bawaslu, KemenPAN-RB, KASN, BKN. Yakni, SKB Nomor 2 Tahun 2022 tentang Pedoman Pembinaan dan Pengawasan Netralitas Pegawai Aparatur Sipil Negara dalam Penyelenggaraan Pemilihan Umum dan Pemilihan.

Sementara itu, dalam sosialisasi materi oleh Dr Wenly Lolong yang merupakan tenaga ahli Bawaslu RI, dan juga Ventje Bawengan sebagai tenaga ahli bagian SDM Bawaslu RI.

Pada kesempatan itu, Ventje dan Wenly sepakat mengajak media  termasuk seluruh komponen masyarakat untuk berpartisipasi mengawas Pemilu yang akan dilaksanakan pada tahun 2024.

"Marilah mendukung dan menopang untuk menciptakan pemilu yang demokratis jujur, adil dan damai di kota Tomohon." kata Ventje dan Wenly. (Red-CK)


Komentar
Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE. #JernihBerkomentar
  • Gandeng Media, Bersama Bawaslu Tomohon Kawal Pemilu 2024 dan Awasi Netralitas ASN

Terkini

Iklan CK