Iklan

Iklan Taman Eman dan Citra Regenci


 

Komitmen Tingkatkan Kualitas Perikanan Tomohon, Waworuntu Kunjungi BPPP Bitung

CitaKawanua.com
Thursday 21 January 2021, 07:43 WIB Last Updated 2021-01-23T22:48:27Z

TOMOHON|||CitaKawanua.com- Dibawah kepemimpinan Kepala Dinas Pertanian dan Perikanan (Distakan) Kota Tomohon Steven Waworuntu SSTP, berkomitmen akan peningkatan kualitas potensi Sumber Daya Manusia (SDM) khususnya kepada masyarakat pelaku usaha bidang Perikanan.


Sejalan dengan komitmen tersebut, Waworuntu bersama Tim Penyuluh Perikanan Kementerian Kelautan dan Perikanan (KKP) berkunjung ke BPPP  Bitung, Rabu (20/1).


Dikatakan Waworuntu, bahwa kunjungan ini  dilakukan untuk melobby kegiatan pelatihan pelatihan teknis perikanan  baik dibidang budidaya, pengolahan dan pemasaran serta latihan teknis pembuatan pakan mandiri.


"Kunjungan ini juga dimanfaatkan untuk shering masalah dan kebutuhan pelaku usaha perikanan di Kota Tomohon," kata Waworuntu.


Ditambahkannya, bahwa setiap bantuan yang diperoleh tidak lepas dari perhatian KKP lewat BPBAT Tatelu sehingga bisa mendapat  bantuan-bantuan mulai dari benih ikan, pakan maupun bansapras bioflok dan mina padi.


"Apabila ada bantuan yang dinilai kurang maksimal tentu kami minta maaf. Dimana, Tenaga penyuluh perikanan kewalahan melayani lebutuhan pelaku usaha perikanan di Kota Tomohon, karena personil penyuluh perikanan di Kota Tomohon harus menangani satu kecamatan satu orang penyuluh. Sementara penyuluh pertanian satu kelurahan di pegang oleh satu penyuluh," ujarnya.


Sementara itu, Kepala BPPP Bitung, Ahmad Ridloudin ST MP mengungkapkan, bahwa Kota Tomohon menjadi salah satu kota yang menjadi perhatian dari KKP untuk mendapatkan program-program bantuan baik dari dirjen Teknis seperti BPBAT Tatelu dan BRSDM yang membawahi BPPP Bitung sebagai lembaga yang menangani SDM perikanan. 


"Mengapa Kota Tomohon jadi perhatian, karena selama ini Kota Tomohon dinilai memiliki hubungan yang harmonis dan mampu bangun sinergitas yang sangat baik antara dinas daerah dan pemerintah pusat dalam hal ini penyuluh perikanan KKP yang bernaung di Satmingkal BPPP Bitung," ungkap Ridloudin.


"BPPP Bitung juga merancang pelayanan pelatihan teknis berbasis bantuan, artinya bantuan bantuan pemerintah yang di turunkan ke lapangan akan dibarengi dengan peningkatan kualitas SDM sesuai dengan jenis bantuan yang diterima dan itu menjadi tugas dari BPPP Bitung. Termasuk bantuan pemerintah di bidang perikanan yang masuk ke Kota Tomohon," tukas Ridloudin.


Perlu diketahui, lembaga ini yang dikunjungi adalah salah satu Unit Pelaksana Teknis Kementrian Kelautan dan Perikanan yang bertugas menyelenggarakan fungsi pelatihan, pendidikan, penelitian dan penyuluhan bidang perikanan.


Selain Kadistakan Tomohon, Steven Waworuntu SSTP, yang diikuti juga oleh Kabid Perikanan, Malince Rumende SP, Tim Penyuluh Perikanan, Ineke Imelda Tirukan SPi dan Yoanna Mardiningsih SPi.


Sedangkan yang menerima Kepala BPPP Bitung, Ahmad Ridloudin ST MP, Koordinator seksi pelatihan, Hidayat Lantah SE, Koordinator Seksi Penyuluhan, Lucky Sambuaga, Koordinator Seksi Sub Tata Usaha, Sriwidiyanti dan Instrukture Teknis Perikanan, Gani Asri Muharam dan Mohamad Viqy Sulendra. (MiRa) 

Komentar
Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE. #JernihBerkomentar
  • Komitmen Tingkatkan Kualitas Perikanan Tomohon, Waworuntu Kunjungi BPPP Bitung

Terkini

Iklan CK